fbpx
Tips Mudah Memilih Jarum untuk Mesin Jahit

Tips Mudah Memilih Jarum untuk Mesin Jahit

Menjahit menggunakan mesin memang sekilas terlihat lebih mudah dan cepat. Tapi, jangan buru-buru membuat kesimpulan. Meski memang mesin jahit dapat memudahkan kegiatan menjahit, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan alat yang satu ini. Salah satu yang terpenting adalah jenis atau ukuran jarum yang digunakan.

Sayangnya, pemilihan jarum yang tepat tidak begitu diperhatikan. Bahkan tidak sedikit orang yang merasa baik-baik saja dengan satu jenis atau ukuran jarum untuk segala macam jahitan dan semua jenis bahan atau kain. Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa jarum jahit yang digunakan kurang tepat? Terdapat beberapa tanda yang bisa dijadikan acuan apakah perlu untuk segera mengganti jarum yang sedang digunakan atau tidak. Tanda-tanda ini di antaranya jahitan yang melompat-lompat, jarak jahitan yang tidak sama, serat kain tampak rusak, needle plate pada mesin jahit rusak, hingga jarum yang sering terlepas dari dudukannya.

Apabila hal-hal tersebut sering ditemui, maka sebaiknya pertimbangkan untuk segera mengganti jarum jahit yang sedang digunakan. Terdapat beberapa faktor yang bisa dijadikan acuan ukuran jarum mana yang paling tepat untuk digunakan, seperti jenis kain, teknik jahit yang akan digunakan, hingga jenis benang. Ketika membeli mesin jahit, pada manual yang tersedia, umumnya sudah disertakan rekomendasi ukuran jarum apa saja yang sebaiknya digunakan. Beberapa mesin jahit bahkan memiliki label di badannya yang menunjukkan jarum apa saja yang dapat dipasangkan.

Jarum jahit memiliki kode nomor yang membedakan satu dengan lainnya. Nomor ini menandakan lebar atau tebal jarum. Semakin tinggi nomornya, semakin tebal pula jarumnya. Pada dasarnya, semakin ringan atau tipis kain yang digunakan, semakin kecil pula ukuran jarum yang dibutuhkan, begitu juga sebaliknya.

Setiap ukuran jarum sebenarnya memiliki spesifikasi dan kekhususan tertentu untuk jenis bahan maupun benang yang digunakan.

Berikut adalah penjelasan dan tips mudah mengenai jenis-jenis jarum yang dapat digunakan untuk kegiatan menjahit dengan mesin untuk kebutuhan yang beragam.

1. Jarum Serbaguna (universal needle)

Jarum ini bisa digunakan untuk sebagian besar bahan kain. Tersedia dalam beberapa macam ukuran yang ditentukan berdasar bobot kain yang dijahit.

2. Jarum Bolpoin

Memiliki ujung yang tumpul yang bekerja dengan cara seperti menyelip dan bukan menusuk melalui kain. Hal ini berfungsi untuk menghindari kerusakan pada rajutan halus. Jarum bolpoin digunakan untuk menjahit bahan-bahan yang melar atau elastis seperti lycra, kain rajut, jersey dan polyester. Terdiri dari dua tipe, yakni jarum Jersey dan jarum Stretch. Jarum jersey digunakan untuk menjahit kain dengan tingkat elastisitas medium, sedangkan jarum Stretch digunakan untuk kain dengan elastisitas tinggi.

3. Jarum Microtex/Sharp

Jarum ini memiliki ujung tipis yang tajam. Sangat sempurna untuk membuat jahitan yang lurus. Jarum Microtex mempunyai fungsi khusus untuk menjahit bahan tenunan. Jarum ini juga paling tepat digunakan untuk membuat jahitan timbul yang terletak di pinggiran kain sebagai hiasan atau top stitch. Kain bertekstur tebal seperti kulit atau kanvas juga dapat dijahit dengan jarum ini. Namun, kain bertekstur lembut seperti sutra atau tafeta pun juga cocok dijahit dengan jarum Microtex. Hal yang perlu diingat adalah jangan pernah menggunakan jarum bolpoin untuk menjahit bahan tenunan, begitu juga jangan pernah menggunakan jarum Microtex untuk rajutan yang elastis.

4. Jarum Jeans

Jarum ini dicirikan dengan ukurannya yang tebal. Digunakan untuk menjahit kain-kain tebal seperti jeans, kanvas, atau twill. Jarum ini juga dapat dipakai untuk menjahit beberapa lapis kain sekaligus. Namun sebagai alternatif, bisa digunakan jarum universal ukuran 16-18 untuk menggantikan jarum ini.

5. Jarum Quilting

Jarum quilting memiliki ujung yang runcing dan menjadi jenis jarum paling ideal untuk menjahit beberapa lapis kain sekaligus.

6. Jarum Kulit

Memiliki ciri khusus dengan bentuknya yang sedikit memipih dan melebar di ujung dan dapat dengan mudah masuk ke dalam bahan kulit atau suede. Namun, penggunaan jarum ini tidak disarankan untuk kulit sintetis.

7. Jarum Kembar (twin needle)

Jarum ini dapat dibilang jenis yang unik karen memiliki dua batang yang ujungnya menyatu pada satu pangkal. Jahitan yang lurus serta paralel di kedua sisi kain dapat dibuat dengan sempurna oleh jarum yang satu ini. Jarum kembar juga dapat digunakan untuk membuat jahitan heirloom hingga top stitch.  Jarum ini juga tersedia dalam beberapa ukuran. Ukuran pada jarum kembar menunjukkan jarak antara dua batang jarum dan lubang jahitan yang akan dibentuk nantinya.

8. Jarum Sulam Mesin

Seperti namanya, jarum ini digunakan pada mesin jahit untuk menyulam. Sangat berguna karena hampir tidak akan terjadi kerusakan ketika menyulam menggunakan benang-benang rayon atau polyester berwarna yang rapat. Jarum ini juga memiliki lubang benang yang cukup lebar untuk memudahkan ketika menggunakan benang-benang yang tebal. Jarum ini juga dapat digunakan di sebagian besar jenis kain.

9. Jarum Metalik

Jarum ini dirancang secara khusus untuk menjahit menggunakan benang logam yang halus. Jarum metalik juga memiliki lubang benang yang besar untuk mencegah terjadinya kerusakan baik pada benang atau kain yang dijahit..

10. Jarum Sayap (wing needle)

Jarum ini memiliki bentuk yang unik dengan sisi yang sedikit melebar, hingga menyerupai sayap. Berfungsi untuk membuat lubang pada kain ketika menjahit. Penggunaan jarum ini akan memberikan efek lubang yang menarik seperti bekas tarikan benang sulam yang disengaja.

 

Beragamnya pilihan jarum yang tersedia terkadang memang membuat diri sendiri menjadi bingung untuk memilih. Sebenarnya, jarum berukuran 12 sudah cukup untuk jahitan secara umum, sedangkan ukuran 11 untuk jahitan sulam. Namun dengan mengetahui bahwa ada banyak jenis jarum yang bisa dipilih sesuai keperluan jahit tentu menjadi kelebihan tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *